Bagi yang sudah terbiasa berinvestasi pasti sudah tidak asing lagi dengan teknik diversifikasi.Diversifikasi merupakan sebuah teknik yang sangat populer bahkan sangat lumrah untuk digunakan. Diversifikasi, meski tidak secara utama memberikan keuntungan bagi investor, tetapi membuka peluang bunga yang lebih tinggi dan meningkatkan keamanan.Sebab ketika A gagal bayar namun B justru menguntungkan, tentu B akan menyelamatkan dana investasi Anda, bahkan berpotensi lebih menguntungkan lagi. Teknik diversifikasi pada investasi ini juga berlaku di Fintceh Lending KoinWorks.

Sebagai platform Fintech Lending atau P2P Lending yang populer dengan fleksibilitasnya, KoinWorks juga memberikan kemudahan bagi investor untuk mendiversifikasi dana investasinya. Ada banyak peminjam yang siap untuk didanai setiap harinya, sehingga membuat Anda dengan mudah bisa mendiversifikasi dana investasi Anda ke peminjam yang tersedia.

Teknik Diversifikasi Investasi di Fintech Lending KoinWorks

koinworks fintech lending indonesia

Setelah bergabung sebagai Pendana di KoinWorks, dan dengan asumsi bahwa Anda sudah memiliki Koin, Anda bisa langsung mengikuti tutorial ini:

1. Telusuri Peminjam

teknik diversifikasi investas di fintech lending koinworks

Halaman ‘Telusuri’ di Dashboard KoinWorks

Di bagian Dashboard, silahkan pilih menu Telusuri (Browse). Anda akan melihat sejumlah daftar peminjam untuk berbagai kebutuhan yang siap untuk didanai. Sementara di sisi kiri atas, Anda bisa melihat jumlah total dana yang tersedia yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan mendanai.

2. Pilih Peminjam

teknik diversifikasi investas di fintech lending koinworks

Jenis/Tujuan Pinjaman dan Factsheet

Di tahap ini Anda bisa memeriksa detil masing-masing peminjam, di mana Anda bisa menilai kelayakan berdasarkan credit scoring, tujuan pinjaman, latar belakang peminjam, dan data penting lain.

 

Anda bahkan bisa men-download seluruh detil penting berupa Factsheet dalam bentuk PDF. Berdasarkan Factsheet tersebut, Anda kemudian bisa mempelajari data peminjam agar dapat meminimalisir resiko gagal bayar. Factsheet tersebut tentu akan mempermudah Anda untuk menentukan ingin menginvestasikan dana ke peminjam tersebut atau tidak.

3. Tentukan Jumlah Dana yang Ingin Diinvestasikan

KoinWorks lender dashboard

Perlu diingat bahwa minimal dana yang bisa diinvestasikan adalah Rp 100.000,-. Dalam berinvestasi, jumlah ini tentu relatif sedikit dan kompetitif dengan investasi lain semisal investasi reksadana.

Setelah Anda menentukan peminjam yang menurut Anda ‘layak’ mendapatkan alokasi dana dari Anda, maka silahkan tentukan jumlah dana yang ingin Anda investasikan kepadanya. Setelahnya Anda hanya perlu klik tombol Add dan investasi Anda akan masuk ke Keranjang.

 

Setelah dikonfirmasi, investasi Anda akan secara otomatis masuk ke dalam target dana peminjam, dan total dana yang terkumpul bagi peminjam akan bertambah sejumlah dengan dana yang barusan Anda alokasikan.

KoinWorks lender dashboard borrower

Perhatikan juga target pinjaman dari para peminjam ketika menginvestasikan dana. Jika indikator hijau sudah hampir penuh, maka kemungkinan sisa dana yang dibutuhkan peminjam tinggal sedikit lagi. Jadi perhatikan jumlah dana yang hendak Anda investasikan agar masih bisa berinvestasi bagi peminjam tersebut.

4. Cari Peminjam Lain

Di sinilah saatnya Anda untuk mendiversifikasi investasi Anda. Setelah mengetahui hal-hal dasar untuk berinvestasi di Fintech Lending KoinWorks pada 3 poin sebelumnya, di tahap ini Anda tinggal mencari peminjam lain untuk diinvestasikan.

Anda bisa mengacu pada beberapa hal seperti berikut:

4.1 Suku Bunga

Anda bisa memilih suka bunga yang lebih tinggi untuk setiap investasi Anda. Dengan nominal minimal Rp 100.000,-, jika Anda mendiversifikasinya ke beberapa peminjam, Anda bisa menyicip suku bunga yang bervariasi dan akan mendapatkan keuntungan yang bervariasi pula setiap bulannya.

4.2 Factsheet

Seperti yang tadi sudah dibahas, Factsheet sangat berguna untuk mengukur kelayakan peminjam sebelum memutuskan untuk berinvestasi padanya. Factsheet yang dikemas dalam bentuk file PDF berisi beragam data penting mengenai sang peminjam.

4.3 Jangka Waktu

Perhatikan jangka waktu. Jangka waktu yang tertera pada data peminjam merupakan waktu yang dibutuhkan peminjam untuk melunasi pinjamannya. Di Fintech Lending KoinWorks, rentang jangka waktu yang tersedia adalah mulai dari 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan hingga 24 bulan.

Baca Juga: Cara Berinvestasi Sesuai Dengan Risk Tolerance

Semakin kecil jangka waktunya maka semakin cepat pula Anda akan mendapatkan return dari hasil investasi Anda. Namun jangan terlalu terpaku pada jangka waktu 6 bulan saja. Tekniknya, lakukan eksperimen terhadap jangka waktu yang dibutuhkan peminjam.

Sebagai langkah awal dalam hal diversifikasi, investasikanlah dana Anda kepada masing-masing peminjam dengan masing-masing jangka waktu. Nanti Anda akan melihat jangka waktu mana yang tepat dan menguntungkan bagi kepentingan Anda.

4.4 Variasi Jenis Pinjaman

Di Fintech Lending KoinWorks terdapat 3 jenis pinjaman utama yakni Pinjaman Bisnis, Pinjaman Kesehatan, dan Pinjaman Pendidikan. Anda bisa mendiversifikasikan dana investasi ke masing-masing pinjaman sesuai keinginan Anda.

 

Masing-masing jenis pinjaman juga memiliki kriteria masing-masing mulai dari suku bunga, credit scoring, nominal dana yang dibutuhkan, hingga jangka waktu.

4.5 Jangan Lupakan Aspek Social Connect

KoinWorks memiliki fitur Social Connect untuk mengukur kedekatan Anda sebagai investor dengan peminjam berdasarkan media sosial yang digunakan. Semakin tinggi ranking sosial antara Anda dengan peminjam, maka dari segi media sosial, semakin dekat pula hubungan Anda dengannya.

 

Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan Anda terhadap kelayakan peminjam sehingga Anda pun bisa mendiversifikasikan dana investasi Anda kepada peminjam dengan connection score yang tinggi nilainya.

4.6 Credit Scoring

Credit Scoring juga merupakan salah satu fitur andalan KoinWorks dalam menentukan kelayakan peminjam. Semakin tinggi credit scoring si peminjam (A1), maka makin berpotensi pula ia untuk lolos dalam hal ‘gagal bayar’.

5. Berikan Pinjaman Maksimal 1-5% dari Budget Setiap Investasi

Agar proses diversifikasi Anda lebih terarah, sisihkan maksimal 1% – 5% dari anggaran investasi Anda. Kenapa? Karena 1% dari anggaran tersebut adalah angka yang ideal bagi setiap investasi di portfolio investasi Anda.

 

Misalnya Anda memiliki dana investasi sebesar Rp 10.000.000, maka sisihkan Rp 100.000 kepada setiap peminjam. Dengan begitu, Anda bisa mendiversifikasikan dana investasi Anda ke 100 peminjam sekaligus dengan nominal tersebut. Itu juga dapat meminimalisir kerugian investasi apabila ada peminjam yang gagal bayar.

 

Kalau pun terjadi gagal bayar, artinya dari total nilai investasi Anda, hanya 1% saja yang mengalami kerugian. Keuntungan dari investasi lain tentu membuatnya tidak akan terlalu berdampak, bukan?

6. Pinjamkan ke Berbagai Tipe Peminjam

Upayakan untuk mendiversifikasikan dana investasi Anda ke beragam tipe peminjam, baik dari jenis bisnis, tujuan pinjaman, faktor keuangan, grade, dan sebagainya. KoinWorks memberikan kemudahan ini bagi Anda, apalagi karena tidak hanya untuk pinjaman bisnis, KoinWorks juga menyediakan pinjaman kesehatan dan pinjaman pendidikan.

 

Hal ini penting dilakukan terutama bagi pinjaman bisnis karena ada berbagai faktor yang mempengaruhi cicilan peminjam. Faktor-faktor tersebut antara lain dipengaruhi oleh keadaan ekonomi, musim penjualan, hingga lama pinjaman.

Demi meminimalisir potensi kerugian, bangun portofolio investasi dengan mengalokasikan dana investasi secara merata ke berbagai tipe peminjam.

7. Investasikan Kembali Pengembalian yang Didapat

Salah satu untuk membangun portofolio investasi Anda adalah dengan menginvestasikan kembali pengembalian yang telah diterima.

 

Di sini juga Anda perlu kembali mendiversifikasikan pengembalian tersebut. Secara perlahan, akan terjadi.


Begini Teknik Diversifikasi Investasi di Fintech Lending KoinWorks
Tag pada:
loading...